Skip to main content

Tektonisme (Tenaga Tektonik)

Ada yang namanya tenaga endogen . nah , tenaga ini mempunyai cabang lagi . yaitu , tektonisme  (tenaga tektonik),vulkanisme dan seisme . disini akan dijelaskan tentang apa itu tektonisme (tenaga tektonik) .

Tektonisme(tenaga tektonik) merupakan cabang dari tenaga endogen yang berasal dari dalam/kulit bumi yang menyebabkan perubahan lapisan  permukaan bumi baik horizontal maupun vertical .
Lalu  gerak tenaga ini  di bagi lagi menjadi  2 cabang ,yaitu :gerak epirogenesia dan orogenetik

1   1.   Gerak orogenetik  ,  gerak yang  menimbulkan lipatan , patahan , pelengkungan dan  retakan . yang  merupakan dampak dari tekanan baik secara horizontal maupun vertical .

v  Lipatan , gerakan pada lapisan bumi yang tidak terlalu besar dan berlangsung dalam waktu yang lama sehingga menyebabkan lapisan kulit bumi berkerut atau  melipat . nah kerutan atau lipatan bumi inilah yang nantinya akan menjadi pegunungan . punggung lipatan dinamakan  antiklinal ,sedangkan daerah lembah di namakan sinklinal , dan yang sangat luas dinamakan geosinklinal . adapun pula bentuk bentuk lipatan meliputi , lipatan tegak , miring , rebah , menggantung , isoklin dan , kelopak.
v  Pelengkungan ( warping) , pelengkungan ini terbentuk jika terjadi gerak vertical secara tidak merata pada suatu daerah , khususnya yang menganndung batuan sediman , menghasilakan perubahan struktur lapisan yang semula horizontal menjadi melengkung , jika lapisan tersebut melengkung ke atas akan membentuk kubah ( dome) dan jika melengkung ke bawah akan membentuk cekungan ( basin ) .
v   Patahan (faulting) ,yaitu gerakan pada lapisan bumi yang sanbgat besar dan berlangsung dalam waktu yang sangat cepat , sehingga menyebabkan lapisan kulit bumi retak atau patah . jenis patahan dapat dibedakan menjadi 3 tipe berdasarkan arah gerak lempeng , yaitu reserve fault  , normal fault , stike slip fault .
1). Reserve fault ,merupakan patahan dengan gerakan lempeng batuan nya keatas bvidang patahan dan berlawanan arah dengan gaya berat .
2).Normal fault , meruypakan patahan dengan gerakkan lempeng batuannya ke bawah menurut bidang miring mengikuti arah gaya beratnya .
3).stike slip fault , merupakan patahan dengan gerakka n lempeng batuan bergerak horizontal dengan arah berlawanan.

Dari ketiga type dasar patahan ini akan menghasilkan tiga bentuk permukaan bumi seperti graben atau slenk ,horst dan fault scarp.
1).graben , tanah turun terjadi bila blok batuan mengalami penurunan . 2).horst(tanah naik) , adalah bagian diantara dua petahan yang mengaklami penganngkatan sehingga posisinya menjadi lebih tinggi di banding wilayah sekitarnya
3). Fault scarp, merupakan dinding terjal yang dihasilkan oleh patahan yang salah satu sisinya tergeser k e atas , sehingga posisinya terlihat lebih tinggi , namun kadang kala fault scrap ini tidak tampak karena  mengalami erosi 


v  Retakan , terjadi karena pengaruh gaya renggang sehingga butuan menjadi retak retak ,tetapi masih bersambung . retakan biasanya di temukan pada batuan batuan yang rapuh .di daerah puncak dan di kenal dengan nama tectonic joint . 


2    2. Gerak epirogenetik , gerak yang dapat menimbulkan permukaan bumi seolah turun atau naik . ini terjadi karena gerakan di bumi yang lambat dan meliputi daerah yang luas . dan gerak epirogenetik dibagi menjadi dua ,yaitu gerak epirogenetik positif dan negative .

v  gerak epirogenetik posotif , gerakan permukaan bumi turun dan seolah olah permukaan air laut naik . derakan ini disebabkan karena adanya tambahan beban misalnya sedimen yang tebal di daerah geonsinklinal ,yaitu berupa cekungan yang sangat luas . contoh : turunya pulau pulau di Indonesia timur (kepulauan Maluku dan kepulauan benda ) .

v  gerak epirogenetik negative , gerakan permukaan bumi seolah olah permukaan bumi naik dan seolah olah permukaan air turun . gerakan ini biasanya berupa pengangkatan yang di akibatkan pengurangan beban lapisan kerak bumi , misalnya es yang mencair . contoh : naiknya dataran tinggi Colorado .

Comments