Skip to main content

Putu Arya Tirtawirya, Biografi Singkat


Putu Arya Tirtawirya
Sumber Foto: Informasi Wisata dan Budaya

Putu Arya Tirtawirya
I Gusti Putu Tirtawirya lahir 10 Mei 1940 di Mataram. Mengecimpungi penulisan cerpen, sajak, esai, kritik sastra dan artikel budaya umum. Pun penulisan cerita anak-anak atau dongeng serta resensi buku. Karya-karyanya tersebar di aneka koran dan majalah, seperti: Kompas, Sinar Harapan, Suara Karya, Simponi, Surabaya Post, Bali Post, Karya Bhakti, Horison, Sastra, Tribun, dan masih banyak lagi.

Buku-buku himpunan cerpennya berjudul: “Pasir Putih Pasir Laut”, “Malam Pengantin”, “Kegelapan di Bawah Matahari”, “Saat Kematian Semakin Akrab”.

Buku-buku himpunan esainya berjudul, “Apresiasi Puisis dan Prosa”, “Antologi Esai dan Kritik Sastra”, keduanya terbitan penerbit Nusa Indah.

Sajak-sajaknya termuat dalam beberapa buku antalogi: “Penyair Bali”, “Pilar-Pilar” (bersama Diah Hadaning) dan dalam buku “Saat Kematian Semakin Akrab” yang juga terbitan Nusa Indah di Ende, Flores.

Buku-buku cerita anak-anaknya berjudul: “Pan Balangtamak”, “Pan Camplung”.

Cerpennya berjudul: “Orang Kaya” diterjemahkan dalam bahasa Jerman oleh Prof. Dr. R. Carle dan dimuat dalam majalah Merian yang terbit di Hamburg, Jerman Barat. Cerpen-cerpennya pun mengisi buku antologi “Cerita Pendek Indonesia” dan “Jakarta, 30 Cerita Pendek Indonesia” (Terbitan Dewan Bahasa dan Pustaka Kuala Lumpur Malaysia), keduanya berada di bawah editor Satyagraha Hoerip.

===============
Referensi: Kritik Sastra Sebuah Antologi, 1984


Comments