Skip to main content

Ustadz Quraish Syihab I Kenapa Sih Kita Harus Bisa Baca Al-Qur’an?


Ustadz Quraish Syihab I Kenapa Sih Kita Harus Bisa Baca Al-Qur’an?

Pertanyaan: Aku diledekkin sama kakak karena belum bisa baca Al-Qur’an, Al-Qur’an itu bahasa arab ya, kenapa sih kita harus bisa baca Al-Qur’an?

Jawab: yah, pertama dulu, Al-Qur’an itu adalah firman-firman Allah. Kalau Allah berfirman maka pasti ada manfaat dibaliknya. Salah satu manfaat itu adalah bahwa ketika anda membaca Al-Qur’an, seakan-akan Allah bercakap-cakap dengan anda. Nah, kalau anda berdoa, maka seakan akan anda yang bercakap pada Tuhan.

Kita perlu mengenal Allah. Kita perlu mengenal tuntunanNya. Kita perlu mencintaiNya. Dan ia memperkenalkan dirinya, memperkenalkan tuntunanNya lewat Al-Qur’an. Apalagi kalau kita paham maksudnya, itu akan lebih terasa keindahannya, keindahan redaksinya, keindahan tuntunannya, kehebatan e bukti bukti yang dipaparkannya. Sehingga umumnya orang, yang dapat menghayati itu, tidak akan bosan-bosan membaca Al-Qur’an. Pada saat kita membaca, kita membayangkan sebetulnya situasinya seperti apa ayat itu turun. Kemudian kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sekarang seperti apa. Disitulah pentingnya membaca dan memahami.

Teman-teman dapat menyimaknya secara lebih utuh di channel yang telah penulis lampirkan di bawah ini.
Source: Hidup Bersama Al-Qur’an, Eps. 4, Youtube

Comments