Skip to main content

Ustadz Quraish Syihab I Sebaiknya Jangan Menekankan Aspek Sorga dan Neraka Untuk Merangsang Orang Berbuat Baik

Ustadz Quraish Syihab I Sebaiknya Jangan Menekankan Aspek Sorga dan Neraka Untuk Merangsang Orang Berbuat Baik

Pertanyaan: Aku sering ketakutan kalau misalnya dengar cerita tentang kiamat, tapi selalu senang kalau dengar cerita tentang surga. Apa sih kata Al-Qur’an tentang ini?

Jawab: ya memang Al-Quran menceritakan tentang sorga dan Neraka untuk merangsang orang berbuat baik dan menghindari kejahatan. Tetapi, Al-Quran tidak menekankan pada kedua aspek ini, yaitu sorga dan neraka. Yang ditekankannya (Al-Qur’an) itu ada 3 aspek lain, yang mestinya, itulah yang lebih banyak diuraikan kepada masyarakat termasuk pada anak-anak.

Yang ditekankan oleh Al-Quran itu adalah (pertama) menjelaskan tentang manusia, bagaimana asalnya, bagaimana kalau dia (manusia) angkuh, bagaimana kalau dia ta’at, bagaimana dia mendepatkan ketenangan dalam hidup. Yang kedua, Dia (Allah) mengajarkan agar memperhatikan alam raya, (seperti) Ilmu pengetahuan, itu yang mengantar anak sadar bahwa ada Tuhan. Dan yang ketiga adalah kisah-kisah, itu lebih menarik. Mestinya yang ditonjolkan menyangkut Tuhan, tiu adalah kasih sayangNYA, rahmatNya. Jadi lebih banyaklah bercerita betapa anak itu senang, bahagia, pada saat membayangkan hari kemudian.

Source: Hidup Bermasa Al-Qur’an, Eps. 5, Youtube
Silakan teman-teman dapat menyimaknya secara utuh di channel yang telahh penulis lampirkan di atas. Kajian Ustadz Quraish Syihab pada episode kelima ini berjudul asli “Apa Kata Al-Quran Tentang Kiamat

Comments