Skip to main content

Melon Si Manja Yang Manis [Part.1] I Jenis-jenis Melon


Melon Si Manja Yang Manis [Part.1] I Jenis-jenis Melon
Buah apakah sebenarnya melon itu? Di Indonesia melon merupakan tanaman yang baru. Melon masih termasuk bangsa semangka atau labu, yaitu termasuk marga cucurbitaceae atau marga timun-timunan. Diperkiran sekitar tahun 1983 buah ini baru dikenal di Indonesia. Sebuah perusahaan pertanian dan peternakan bernama PT. Jaka Utama mulai mencoba mengusahakan tanaman ini. Perusahaan yang berpusat di provinsi Lampung ini menanam pada dua lokasi, yaitu di Kalianda (Lampung) dan di Cisarua (Bogor-Jawa Barat). Hasilnya ternyata yang ditanam di daerah Cisarua jauh lebih berhasil daripada yang di tanam di daerah Lampung. Daerah kalianda adalah daerah yang jauh lebih panas daripada Cisarua Bogor. Sehingga diambil keputusan untuk lebi memperluasnya di daerah Cisarua.

Asal buah melon sukar diketahui secara pasti. Beberapa ahli botani menduga, buah melon berasal dari Turki, dan ada pula yang menduga berasal dari Mesir. Melon-melon yang berada di Indonesia sekarang sudah dibudidayakan sangat banyak jenisnya. Bibit-bibit melon yang ditanam di Indonesia ada yang berasal dari Taiwan, Denmark, Amerika, Jepang, dan RRC.  Beberapa jenis melon yang ada di Indonesia adalah: melon sky rocket, sun rise, orient sweet, crispy jade, hales best, dan honey dew.

1.      Sky Rocket
Melon Si Manja Yang Manis [Part.1] I Jenis-jenis Melon
Melon ini berasal dari Taiwan. Jenis ini berada di atas dari jenis lainnya. Baunya harum, dengan rasa bukan saja manis tetapi juga mempunyai ciri khas tersendiri. Para konsumen melon mengatakan bahwa rasa sky rocket selain manis tetapi juga legit. Daging buah melon ini bewarna hijau kekuning-kuningan. Tebal hampir mencapai dua-pertiga bagian dari seluruh isi buah. Pada bagian tenga buah terdapat biji. Kulit buah yang sudah masak bewarna ijau kekuning-kuningan dengan urat yang kasar membentuk jala, sehingga secara sepintas melon sky rocket seperti terbungkus jala. Bentuk buahnya bulat seperti bola dengan berat mencapai satu-setengah kilogram. Melon yang sedaerah dengan sky rocket adalah sun rise, orient sweet, dan crispy jade. Sun rise dan orient sweet memiliki kulit bewarna kuning dan daging buah bewarna kuning juga. Crispy jade bewarna kehijauan, daging buanya bewarna hijau.

2.      Melon Amerika
Melon Si Manja Yang Manis [Part.1] I Jenis-jenis Melon
Melon Amerika berbentuk bulat dan lebih besar dari sky rocket. Urat kulit kecil-kecil dan halus. Daging buahnya bewarna hijau kekuning-kuningan. Rasanya manis, tetapi tidak selegit sky rocket.

3.      Melon Jepang
Melon Si Manja Yang Manis [Part.1] I Jenis-jenis Melon
Melon jepang agak lebih kecil dari melon lainnya. Bentuk buanya pun berbeda, yaitu agak lonjong. Urat kulitnya kasardan jarang-jarang. Warna kulit buahnya agak kemerahan dan daging buahnya bewarna kuning dan tidak tebal. Rasa melon Jepang tidak terlalu manis.

4.      Hales Best
Melon Si Manja Yang Manis [Part.1] I Jenis-jenis Melon

Hales Best adalah jenis yang berasal dari Denmark. Bentuk buahnya agak lonjong berlekuk-lekuk mirip bua blewah. Dagingnya bewarna merah menyala, tidak terlalu tebal, tetapi cukup manis.

5.      Honey Dew
Melon Si Manja Yang Manis [Part.1] I Jenis-jenis Melon

Jenis ini juga berasal dari Denmark. Honey Dew dapat diterjemahkan menjadi embun madu. Namanya memang sebanding dengan rasanya yang manis seperti madu dan sejuk bagaikan embun. Kulit melon ini mulus, tidak terdapat urat-uratnya sedangkan warnanya kehijau-hijauan. Warna daging buahnya pun sama yaitu kehijau-hijauan.

Sumber bacaan: Yudi Fefiady, dalam bukunya yang berjudul “Melon Si Manja Yang Manis”. Penerbit PT. Zuluppy Pratama Karya.

Comments

Post a Comment